21.4.13

MAINAN BARU


Tadi pagi saya dikasih "mainan baru" sama si Faa.
 Dengan gaya OREO dia memaparkan tentang  "mainan baru" ini yang ternyata bernama onenote.. Oww owww one heart!! :)

Aplikasi ini ternyata udah lemot, tapi belum pernah tersentuh sama saya. Hiks..
Entahlah, mungkin kita ( oppzz saya) yang terlalu gaptek selama ini, hanya membuka Microsoft office yang ittuu-ituuuu ajjjaa… kalo bukan word yah excel, Power point atau paling banter wordpad . 
Dan selama ini, saya lebih suka menumpuk word dalam satu  folder hingga menjuntai kebawah gak ketulungan.
 Yah sudahlah itulah saya, tapi meskipun begitu  saya akan selalu menerima hal-hal baru terkait IT  termasuk mengejar gadget hingga ke Jambu 2 (looh hubungannya opo?) ^^

Sentuhan Pertama gimana??

Hmmm asyik ,, meskipun masih lumayan  asing dengan mainan ini.  Kalau yang saya tangkap sih, software ini seperti halnya buku catatan elektronik atau binderr atau loose leaf yang biasa saya gunakan saat masa kuliah dulu.  Kita dapat menulis apapun di dalamnya;   jadwal kegiatan untuk seminggu kedepan,  catatan-catatan agar tidak mudah hilang, mencatat ide-ide yang datang secara tiba2 , bahkan dapat dijadikan Diary  atau catatan sehari-hari .
Lebih serunya, semua catatan yang kita tulis dapat diorganisir dan dimanajemen oleh software ini sehingga kita tidak kesulitan mencari-cari dimana tulisan2 penting kita. Dan buat  saya yang sering lupa nge-save file tak perlu khawatir lagi karena semua dilakukan secara otomatis  oleh onenote.
 Asoy kan? (pamer heheh). 

Okelah, mungkin tulisan berikut  sedikit tutorial tentang mainan baru saya kepada para new user. (newbi)



Newbi dapat mengakses program ini dari menu Start | All programs | Microsoft Office | Microsoft Office OneNote. Versi terbaru OneNote ini adalah 2010 dengan beberapa kelebihan dari versi sebelumnya. Beberapa diantaranya adalah:
  • Bisa menambahkan sub-halaman. Jika OneNote versi sebelumnya tidak bisa, saatnya beralih ke OneNote 2010. (termasuk saya!)
  • Dapat menyisipkan dokumen Word, Excel, PowerPoint ke dalam catatan. Nantinya dokumen tersebut dapat langsung dibuka melalui OneNote tanpa harus membuka program Word, Excel, atau PowerPoint terlebih dahulu.
  • Dapat langsung menjelajahi halaman catatan lainnya dengan fitur Quick Search.
  • Sudah mendukung penulisan rumus matematika ke dalam catatan dengan bantuan Math.
  • Catatan khusus (agenda, nomor telepon, atau surat elektronik) secara otomatis akan tersimpan ke dalam Microsoft Outlook.
  • Jika catatan tersebut di-share ke Internet, kita dapat mengaksesnya dimana saja, dan kapan saja yang kita kehendaki.
  • Dan jika catatan itu adalah catatan bersama, kita dapat melihat bagian mana saja yang telah di-edit oleh teman atau kolega di kantor secara real-time.


Hal yang menarik dari program ini adalah kita dapat memulai mengetik di mana saja, sama seperti menulis di buku. Sehingga kita tidak direpotkan oleh batas margin, dan sebagainya, seperti yang sering kita jumpai di Microsoft Word.
Jika ada sebuah dokumen Word yang isinya ingin kita salin ke OneNote, kita tak perlu menyeleksi semua kalimat. Cukup tekan Ctrl + P. Di daftar nama printer (pencetak), pilih Send to OneNote. Secara otomatis OneNote akan menanyakan di buku mana isi dokumen tadi ingin disimpan, apakah di School, atau Personal. Klik Print untuk memulai menyalin isinya. 

Menariknya, OneNote secara otomatis akan memperbesar ukuran huruf jika di dokumen tadi ukuran hurufnya kecil dengan cara men-zoom-nya.

Membuat tabel sama mudahnya dengan mengetik. Cukup tekan tombol Tab di papan tombol (keyboard), maka OneNote akan otomatis membuat satu kolom di sebelah kanan kursor. Menghitung juga mudah dilakukan. Jika newbi mengetik “27*9=” (tanpa tanda kutip), maka OneNote akan menghitung hasilnya dan menuliskannya setelah tanda sama dengan (=).
Ingin menyisipkan suara, rekaman, atau video ke dalam catatan? Mudah! Cukup klik Insert | Record Audio atau Record Video. OneNote akan segera merekam suara atau video dengan menggunakan kamera atau mikrofon yang dikoneksikan ke komputer.

Kita ingin membagikan catatan kepada teman-teman? Klik tab Share | Share this Notebook, kemudian klik Sign In untuk masuk ke akun Hotmail/Windows Live. Tak lama kemudian, OneNote akan mengunggah catatan itu ke Internet, yang mana nantinya dapat diakses oleh siapa saja.

Nah Bagaimana? Mudah atau puyeng? yuuk kita sama-sama belajar, tiada kata TIDAK untuk sebuah kata perubahan yang lebih baik. ^^

@office jam kosong.





Tidak ada komentar: